√ Cara Mengatasi Error 402 saat Memasang Tema Xiaomi MIUI

Memasang tema Xiaomi tidak selalu mulus. Terkadang ada masalah yang tidak diduga-duga seperti muncul pesan error “Themes from third-party sources are not supported error: download|auth rejected 402” atau dalam bahasa Indonesianya yaitu "Tidak mendukung tema dari sumber pihak ketiga error: download|auth rejected 402".

Problem ini juga membuat banyak dari kita kesal dan kecewa. Setelah download dan install tema Xiaomi, tiba-tiba saja muncul pesan error seperti itu. Jadi ketika kita menerapkan (apply) tema pihak ketiga, langsung deh muncul pesan error 402.

Cara Mengatasi Error 402 saat Memasang Tema Xiaomi

Di berbagai forum MIUI dan beberapa situs yang lain, banyak yang memberikan saran untuk mendaftar menjadi MIUI Designer terlebih dahulu. Namun sepertinya itu bukanlah cara yang efektif mengingat tetap saja mengalami kegagalan saat menerapkan tema atau font.

Dalam hal ini kita butuh beberapa langkah sederhana selain mencoba menjadi desainer MIUI. Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi error 402 saat menerapkan tema Xiaomi.

Cara Mengatasi Error: Download Auth Rejected 402 saat Menerapkan Tema dan Font MIUI 8 / 9 / 10


Caranya cukup mudah kok, tinggal ikuti saja panduan ini...


#1. Menggunakan MIUI Theme Editor


Mari simak tutorialnya step by step!
Cara Mengatasi Error 402 saat Memasang Tema Xiaomi - MIUI Editor
  • Buka aplikasi MIUI Theme Editor lalu tap “PICK A THEME” kalau tema atau font yang kamu inginkan sudah diimpor tapi tidak bisa diterapkan. Atau bisa pilih “BROWSE” kalau tema Xiaomi-nya belum diimpor. Kalau sudah selesai, kamu hanya perlu klik “START”.
Cara Mengatasi Error 402 saat Memasang Tema Xiaomi - MIUI Editor
  • Akan ada berbagai opsi, silakan klik saja “NEXT” selanjutnya pilih "FINISH". Kalau ada notifikasi baru, silakan pilih opsi "INSTALL". Tunggu hingga proses installasi selesai.
Cara Mengatasi Error 402 saat Memasang Tema Xiaomi - MIUI Editor
  • Seandainya tiba-tiba muncul iklan, kamu bisa tekan tombol kembali untuk menutup iklan.
  • Step terakhir, silakan masuk ke Theme Manager atau Menu Tema dan klik APPLY pada tema yang kamu inginkan.
Sampai tahap ini seharusnya tema Xiaomi bisa diterapkan. Memang untuk tema dan font yang berasal dari pihak ketiga perlu menggunakan MIUI Designer akan tetapi masalah “Themes from third-party sources are not supported error: download|auth rejected 402” ini beda perkara.

Bila temanya masih tidak terpasang juga, coba lakukan update pada Mi Theme Editor terlebih dahulu. Karena biasanya aplikasi yang tidak diupdate kinerjanya akan terganggu.

#2.  Menggunakan Theme Manager Mod Xiaomi untuk Memasang Tema Pihak Ketiga


Kalau cara pertama berhasil, kamu tidak perlu melakukan langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya hanya perlu dicoba kalau kamu masih gagal.

Setelah ada update MIUI 9 versi 9.5.4.0, HP masih akan memunculkan pesan error 402 meski sudah menggunakan Mi Theme Manager.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu harus memastikan HP Xiaomi sudah terpasang TWRP / Custom Recovery. Dengan kata lain, HP harus di Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Ya, untuk saat ini belum ada cara untuk memasang tema pihak ketiga di MIUI 9 9.5.4.0 selain dengan menggunakan atau memasang Theme Manager Mod ke dalam system melalui custom recovery TWRP.

Silakan DOWNLOAD THEME MANAGER MOD sekarang!

Untuk memasang tema melalui Custom Recovery TWRP, kita membutuhkan Theme Manager Mod. Dengan aplikasi Mod ini kita bisa melakukan beberapa hal seperti impor tema tanpa verifikasi, backup tema, kostumisasi komplit (status bar, ikon, pesan, animasi, audio, dsb).

Cara ini terkesan repot? Coba ikuti cara alternatif berikutnya!

#3. Menggunakan Mi Rape


Mi Rape sebenarnya hampir mirip dengan MIUI Theme Editor. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengatasi masalah update MIUI 9.5 dan versi MIUI lainnya dengan lebih mudah. 

#4. Memanfaatkan Theme Authorization


Untuk mengatasi Error: Download Auth Rejected 402 saat menerapkan tema pihak ketiga, kamu juga bisa mencoba cara ini. Risikonya juga cukup besar kalau kamu tidak hati-hati, nanti malah jadi bootloop HP-nya. Oh iya, cara ini hanya bisa dilakukan kalau HP sudah diroot ya.

#5. Downgrade MIUI


Cara yang agak konyol ini juga layak dicoba. Soalnya masalah error 402 saat memasang tema itu terjadi karena MIUI yang tidak beres. Masuk akal jika kita melakukan downgrade MIUI, maka masalah ini bisa teratasi. HP jadi bisa kembali ke kondisi semula dan bisa menerapkan tema.

Penyebab Tema Xiaomi Gagal dipasang – Pesan Error 402


Dari berbagai ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa penyebab tema Xiaomi tidak bisa dipasang yaitu karena ini:

1. File Theme Xiaomi Korup / Tidak Lengkap


Nah penyebab ini bisa dikarenakan file size tema yang agak besar dan setelah selesai download masih ada file yang kurang. Jadi sewaktu mau diterapkan, malah muncul pesan error 402 dan akhirnya tidak bisa diterapkan. Mungkin karena koneksi inernet buruk sehingga mengganggu proses download dan akhirnya file corrupt.

2. Versi MIUI Tidak Support


Penyebab tema Xiaomi gagal diinstall yaitu karena versi MIUI yang tidak sesuai dengan tema. Jadi misal HP milikmu pakai MIUI 9 ya pakai tema MIUI 9, jangan pakai MIUI 10. Begitu pun sebaliknya. Mungkin masih ada beberapa penyebabnya namun sepertinya 2 hal ini yang paling sering menjadi pemicu.
Baca juga : Kumpulan Tema Xiaomi Redmi 4X MTZ yang Keren dan Unik!
Akhirnya selesai! Kita sudah membahas cara mengatasi error : 402 saat menerapkan tema Xiaomi terbaik. Memang kelihatannya gampang-gampang susah, tapi kalau sudah dicoba pasti kesannya biasa-biasa saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel